Minggu, 28 Maret 2021

Blog yang Memengaruhi My Books Review

Halo! Jadi kali ini aku akan menceritakan 3 blog yang memberikan pengaruh untuk blog review buku ini. Ya, maksud My Books Review di judul adalah nama blog ini. Postingan ini untuk diikutkan ke CR Challenge #3 dengan tema 3 Blogger favorit dan alasannya.

Oke, selamat membaca!

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash


Seeing the World Trough the Book

Karena Kak Nana membuat blog review buku inilah, blog ini bisa ada sekarang. Iya, aku ikut-ikutan Kak Nana membuat blog review buku. Karena dia bisa memengaruhiku itulah, aku jadi memasukkan blog ini. Biarpun blognya sudah lama gak diupdate, sih.

Hal yang baru kusadari sekarang adalah di blognya yang ini, Kak Nana menggunakan beberapa cara untuk menulis review buku. Seperti meminta tokoh utama buku yang direview untuk bercerita (contoh di review novel Amsterdam dan Marriageable (Mr AB vs Ms B)) hingga ada karakter pisang yang mewanwancarai tokoh utama bukunya (contoh di review novel Badut Oyen).

Buku yang jadi kubeli setelah membaca review di sini adalah tiga buku pertama The Maze Runner dan Idolku Cantik. Ah, setelah menulis bagian ini, aku jadi ingin baca ulang bukunya.

Postingan favoritku dari blog ini untuk sekarang adalah yang berjudul Buku Anak-anak Itu....


Artrevoir

Terus terang, aku gak ingat awal bisa tahu blog ini. Kemungkinan, sih, dari Goodreads.

Aku suka blog ini karena dari blog ini, aku jadi tahu serial komik Chocolate Magic yang masih kubaca hingga sekarang. Aku juga jadi ingin membaca komik School Crisis! yang dia review di blognya. Tapi aku belum pernah ketemu bukunya.

Oh ya, saat membuat postingan review komik di blog ini untuk pertama kalinya, aku menggunakan blog ini sebagai rujukan. Terutama di bagian identitas buku. Yah, biarpun aku juga melakukan penyesuaian lain untuk postingan di blogku.

Pemiliknya sudah berhenti mengisi blognya, sih. Alasannya bisa dibaca di chat box yang ada di sebelah kanan.

Postingan favoritku dari blog ini adalah review komik Chocolate Magic: Honey Blood. Aku suka gambar rhum ball dan frozen cake yang ada di postingan itu.


Summer Ballads

Perbedaan blog yang ini dengan dua blog lain yang kusebut di atas adalah blog Summer Ballads tidak hanya berisi tentang review buku. Menurutku blog Summer Ballads ini lebih ke blog yang menuliskan info, kadang juga ada cerita personal. Terus terang, masih ada banyak postingan di blog ini yang belum kubaca.

Pertama kali aku tahu blog ini adalah ketemu saat googling BPN 30 Day Blog Challenge. Yang menarik perhatianku adalah pemilik blognya suka Jepang. Salah satu buktinya adalah di postingan 10 lagu yang sering dia dengar, semua lagu yang dia sebut di postingan itu adalah lagu Jepang. Selain itu, menurutku dia juga rajin mengikuti challenge dari Blogger Perempuan Network. Buktinya ada di daftar postingan blog challenge di blognya, di situ ditunjukkan kalau dia ikut blog challenge sampai 3 kali.

Bagian dari blog Summer Ballads yang mempengaruhi blog review bukuku adalah postingan review webtoonnya. Aku melihat-lihat postingan review webtoon di blognya sebagai referensiku untk menulis postingan review webtoon versiku sendiri.

Postingan favoritku dari blog ini adalah cerita pengalamannya bertemu Trinity, penulis buku seri The Naked Traveler. Kalau ditanya kenapa aku paling suka postingan ini, mungkin karena kesannya yang personal.

πŸ“’πŸ“’πŸ“’

Sebagai penutup, kalau mau, boleh kasih rekomendasi blog yang isinya fokus ke review buku dan masih aktif, dong. Selain yang sudah kuikuti, ya. Karena blog review buku yang masih aktif dan kuikuti hanya satu untuk sekarang.

Oke, sepertinya itu saja dariku. Terima kasih sudah membaca!

6 komentar:

  1. Aku juga punya blog buku lho. Kalau berkenan, mampir ke rangerkimi.wordpress.com ya! 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, aku akan mampir ke blog bukunya. Terima kasih sudah komentar di sini!

      Hapus
  2. Wah, sayang yaa yang sudah gak aktif ngeblog lagi, kak. Padahal ingin tau juga perkembangan blognya gimana:')

    Kalau untuk rekomendasi blogger yang khusus review buku sih aku cuma tau beberapa, ada mbak Thessa (thessaliviareza.blogspot.com), mbak Tika Insani (tikbookholic.com), kak Reka (rekamairan.blogspot.com), kak Lia (wordsofthedreamer.com) dan mbak Jane (janereggievia.com), seingatku kak Sella udah kenal sama kak Lia, ya?πŸ€” In case kak Sella penasaran, boleh juga dikunjungi, hehe. Semoga membantu yaa, kak! Salam kenal😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sih. Tapi blog yang kusebutkan terakhir masih ada harapan untuk aktif lagi. Terakhir updatenya 1 Januari 2021.

      Kalau Mbak Thessa sudah tahu. Dari sekian blog yang kuikuti dengan blog ini, hanya beliau yang aktif hingga sekarang. Kalau Reka, Lia, dan Kak Jane, aku beberapa kali mampir ke blog mereka. Aku akan mampir ke blog Mbak Tika Insani, deh.

      Makasih untuk rekomendasinya. Salam kenal juga!

      Hapus
  3. Waah sayang banget kalo ketemu blog yg bagus, tp sudah lama ga aktif. Banyak juga tuh mba, blog2 idolaku yg udh ga aktif lagi skr ini, Krn mostly berpaling ke VLOG :D.

    Kalo blog yg khusus yg mereview buku, aku jarang Nemu. Palingan yg kayak blog mba thessalivia, lumayan sering mengulas buku.

    Ato blog Lia dari Wordsofthedremer. Ato blognya Jane reggivia . Mereka doang sih yg skr ini rutin aku baca ttg buku2 nya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, memang sayang, sih. Tapi kalau yang kutemukan rata-rata bukan beralih ke vlog. Antara memang berhenti, sudah jarang update, atau blognya dihapus. Yang terakhir itu paling tidak kuharapkan, sih.

      Ah, aku sudah tahu blog-blog yang Kak Fanny sebutkan, sih. Tapi makasih sudah komentar dan mampir ke blogku!

      Hapus